10 Hal yang Perlu Dilakukan Sebelum Membuat Blog

Blogging? Tentu kalian semua udah ga asing lagi dengan istilah satu ini bukan? Blogging adalah salah satu cara yang baik untuk berbagi pengetahuan, tips dan trik, hingga pengalaman yang bisa kamu bagiin dengan orang lain untuk menginspirasi mereka. Ada berbagai macam jenis blog, mulai dari blog pribadi, riset, traveling, pendidikan, politik, sastra, hingga parenting. Ga heran hingga saat ini kegiatan “nge-blog” masih selalu digandrungi oleh pecintanya.

Nah, kalau kamu termasuk salah satu yang punya hobi menulis tapi sampai saat ini tulisanmu teronggok percuma di laptop ataupun note kamu, ngga ada salahnya untuk memulai blog dari sekarang lho!

Hmm, sebenarnya apa sih manfaat dari nge-blog itu? Oke guys, sebenarnya manfaat dari nge-blog itu banyak banget. Manfaatnya itu antara lain:

1. Mendapatkan Traffic Blog

Apa sih yang dimaksud dengan traffic blog ini? Traffic blog (lalu lintas blog) merupakan jumlah data yang dikirim dan diterima oleh pengunjung blog, mulai dari jumlah orang yang mengunjungi, durasi, dan juga link yang diklik oleh pengunjung pada website kamu. Sebagai pemula dalam blog, mendapatkan traffic blog tidak bisa secara instan. Oleh karena itu, jika kamu memulai blog dari sekarang dan konsisten meluncurkannya, sedikit demi sedikit blog kamu akan berkembang secara efektif berikut dengan audiens-nya.

2. Membangun Jaringan

Dengan menjadi seorang blogger, jalan kamu untuk menemukan jaringan baru tentu semakin luas. Mulai dari awal menjadi blogger dan bertemu dengan sesama blogger lainnya di komunitas akan menjadi hal yang menyenangkan bukan?

3. Menghasilkan Uang dari Rumah

Jangan salah guys, menjadi blogger saat ini bisa menjadi kegiatan yang menguntungkan lho. Bisa menulis di mana saja dan kapan saja, menjadikan blogger mempunyai flexibilitas tersendiri dalam berkarya. Wah banget ga nih?

Karena untuk menjadi blogger yang sukses tidaklah instan, dibutuhkan waktu, dedikasi tinggi, dan juga semangat pantang menyerah. Berikut 10 hal yang perlu kamu lakukan sebelum membuat blog, cus disimak yaa!

1. Deskripsikan Blog yang Ingin Dibuat

Dengan berbagai macam jenis blog yang ada, tanyakanlah pada diri sendiri, blog apa yang ingin kamu buat? Apakah itu blog tentang kuliner? Traveling? Parenting? Atau tentang pendidikan? apakah blog yang kamu pilih merupakan minat kamu? Dan apakah blog tersebut mencirikan diri kamu yang sebenarnya?

Pertanyaan-pertanyaan tersebut dapat membantu kamu memilah-milah apa yang sebenarnya ingin kamu tuliskan di dalam blog kamu. Jika kamu merasa bimbang dalam memilih; haruskah menulis sesuatu yang sedang hits saat ini atau sesuatu yang memang benar-benar disukai? Saran saya, pilihlah yang memang benar-benar kamu bisa membicarakannya sampai berjam-jam tanpa kehabisan topik obrolan. Karena hal tersebut bisa benar-benar mencerminkan diri kamu sendiri.

2. Pelajari Audiens

Selayaknya panah yang menembak target dengan jelas, begitu juga dengan mempelajari seperti apa dan bagaimana audiens yang ingin dijadikan target sasaran dari blog itu sendiri dan juga memahami apa yang mereka inginkan.

Namun ketika mempelajari audiens, ada hal-hal yang harus kamu perhatikan jika ingin menghasilkan uang dari blog, yakni:

1. Jadikan Pembaca Blog Seorang Pelanggan

Apakah yang kamu tulis di blog bisa membantu mereka? Atau bagaimana cara kamu bisa menambah value? Ketika menjadikan blog sebagai sebuah penghasilan, apakah postingan kamu di blog hanya berisi tentang diri kamu sendiri? Karena hal yang seperti ini cenderung tidak dapat mempertahankan audiens yang ada. Rebutlah hati pembaca dengan membahas tentang mereka, bukan tentang kamu.

2. Apakah dengan Membaca Postingan Kamu di Blog Bisa Menyelesaikan Masalah Mereka?

Bagaimana jika ingin mendapatkan penghasilan tetap dari blog tanpa menghilangkan minat yang kamu miliki dan tetap memperoleh perhatian para pembaca? Maka pelajari apa yang diinginkan oleh pasar dan apa yang mereka butuhkan. Dengan begitu tidak ada yang lebih baik dari hobi menulis yang mampu membantu orang lain dan mendapatkan bayaran di waktu yang sama. Keren bukan?

3. Tanyakan Diri Sendiri Apakah Ada Sesuatu yang Dapat Kamu Tawarkan ke Mereka yang Tidak Dimiliki Orang Lain?

Nah kalau kamu mempunyai tips dan trik suatu keahlian yang ingin kamu bagikan kepada orang lain, ataupun kamu mempunyai suatu keahlian yang jarang dimiliki oleh orang lain, kamu dapat menjangkau mereka dan perhatiannya dengan postingan tips dan trik di blog kamu lho.

3. Melihat Apa yang Lagi Hits

Sebelum kamu membuat konten untuk blog, jangan lupa untuk melakukan riset terlebih dahulu ya, jangan sampai kamu sudah memposting begitu banyak konten di blog yang ternyata sudah basi dan tidak menarik perhatian audiens. Kamu bisa juga menggunakan alat seperti pinterest yang mampu membantu kamu menentukan jenis konten dan postingan mana yang berhasil memikat banyak hati audiens dan juga paling banyak dibagikan. Meriset konten dengan membaca-baca blog orang lain untuk mencari ide-ide segar yang baru tidak ada salahnya guys. Yang terpenting jangan menyalin karya blogger lain ya.

4. Tetap Jaga Relasi dan Berkolaborasilah

Ketika sudah bertemu dengan sesama blogger di komunitas atau kamu mempunyai kenalan blogger lainnya, tetaplah saling terkoneksi ya guys. Tetap balas email yang mereka kirimkan, ikuti media sosialnya, atau meninggalkan komentar pada blog mereka. Meskipun hal ini terlihat sepele sebenarnya ini merupakan cara yang bagus untuk membangun persahabatan dan relasi kamu dengan mereka.

5. Saatnya Branding Blog Baru Kamu

Setelah meriset, saat nya membranding blog kamu. Yang pertama buatlah nama blog dan buat nama domain tidak lebih dari 2-3 kata. Tidak perlu nama domain yang rumit, cukup buat nama yang mudah diingat atau nama kamu sendiri. Selain agar tidak ribet, nama domain yang terlalu panjang juga memperbesar kemungkinan salah ketik dan orang lain tidak dapat menemukan blog kamu nantinya. Dan periksa apakah nama tersebut tersedia atau sudah digunakan oleh orang lain.

6. Rancang Brand Kamu

Pilih warna, gaya, tema, dan tampilan blog yang sesuai dengan konten-konten yang akan kamu posting nantinya. Pastikan tidak berubah-ubah agar blog kamu tetap terlihat menarik, utuh, dan professional. Jika membutuhkan desain grafik dan juga foto yang menarik untuk blog kamu, ada situs canva dan situs-situs gratis lainnya yang bisa kamu unduh.

7. Buat Situs Blog

Sebelum meng-host konten kamu, apakah kamu sudah tahu apa yang dimaksud dengan hosting ini? Jadi, web hosting menyimpan semua file situs blog yang kamu punya. Istilahnya web-hosting ini merupakan “rumah” blog kamu sendiri. Untuk blog-hosting ini sendiri ada yang berbayar dan juga gratis. Khusus untuk berbayar ada berbagai macam fitur yang bisa kamu gunakan, mulai dari dukungan scripting, database, bandwith, kapasitas penyimpanan yang lebih besar dan juga tampilan yang bisa dimodifikasi sendiri dengan mudah. Biaya untuk hosting blog ini juga cukup terjangkau dan ada beberapa paket yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan blog kamu sendiri ya.

8. Desain dan Tema Situs Web

Memiliki tampilan blog yang menarik tentu bisa mendatangkan banyak pembaca. Kamu juga tidak perlu menyewa orang lain untuk mendesain blog yang kamu punya. Karena di blog sendiri sudah ada berbagai macam template yang bisa kamu gunakan secara gratis dan juga ada yang berbayar guys.

9. Saatnya Buat Konten

Hal selanjutnya yang harus kamu lakukan sebelum meluncurkan blog, ya membuat materi dari blog itu sendiri. Untuk menarik perhatian pembaca setidaknya kamu memerlukan 4-5 konten untuk di posting di blog kamu. Mengapa? Tentu agar blog kamu tidak terkesan sepi dan kosong juga tidak membuat pembaca kecewa juga mempertahankan pembaca bertahan lebih lama.

Aduh bagaimana kalau akhirnya kehabisan ide dan stress jika tiap kali posting harus lebih dari satu? Tentu sebenarnya tidak masalah jika hanya ingin satu kali posting saja, asalkan tetap konsisten dan juga tidak mangkring dari kegiatan “nge-blog” ini yaa.

10. Halaman Penulis dan List Email

Oh iya, janga lupa cantumkan “Tentang Penulis” dan kontak kamu di halaman bawah blog agar pembaca dapat mengenal penulis lebih dalam dan mengetahui bagaimana mereka bisa menghubungi kamu. Yang terakhir, kamu juga bisa meletakkan opt-in freebie (kontak list email) agar pembaca bisa mendapatkan informasi terbaru dari blog kamu.

Nah, itulah 10 hal yang harus kamu lakukan sebelum membuat blog. Selamat mencoba!

Related Posts

Popular Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *