12 Ceklis SEO untuk Blogger Pemula

Holla guys! Pasti udah ga asing lagi dengan mbah Google atau search engine lainnya kan? Mulai dari cari arti lirik lagu, resep makanan, jadwal event, atau cuma dengan mencari tahu ramalan cuaca hari ini, kamu bisa temuin jawabannya di Google. Nah, ketika kita masukin kata pada search engine, kita akan melihat satu sampai lima website  bahkan lebih, di halaman pertama. secara berurutan. Urutan peringkat website yang muncul inilah, yang mengindikasiin bahwa kata yang kita masukin “relevan” dengan website tersebut. Hal ini bisa terjadi karena pengaruh dari optimasi SEO pada website itu.

Apa Sih SEO Itu?

SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization yang fungsinya nyempurnain situs kamu sehingga peringkatnya lebih baik di mesin pencari atau membantu website kamu menaiki peringkat teratas pada halaman pertama pada mesin pencarian seperti Google, Yahoo, ataupun Bing. Ketika kamu mencari resep nasi goreng pada search engine, berapa banyak halaman yang akan kamu scroll sebelum kamu meng-klik situs web tersebut? Sebagian besar orang ga pernah meng-klik website ngelewatin halaman pertama kan? Oleh karena itu, halaman pertama pada search engine adalah tempat yang kamu inginkan pastinya. 

Daftar Ceklis SEO untuk Blogger Pemula

1. Kata Kunci

Langkah pertama dalam ceklis SEO untuk blogger pemula adalah pemilihan kata kunci dari website tersebut. Ketika pengen menuliskan konten untuk diposting di blog, tentuin dulu apa tujuan dari konten yang akan kamu tulis. Misalnya tips dan trik memotret langit pada malam hari. Setelah menentukan topik apa yang mau ditulis, pikirin lagi kira-kira apa yang akan diketik orang-orang pada mesin pencari tentang topik tersebut. 

2. Riset Kata Kunci

Setelah sebelumnya mengira-ngira kata-kata apa yang akan muncul, yang perlu dilakukan selanjutnya adalah meriset kata kunci yang sudah kamu pikirin sebelumnya pada mesin pencari atau search engine. Misalnya kamu menuliskan “tips dan trik memotret langit pada malam hari” pada mesin pencarian, maka Google akan memberikan istilah pencarian lain seperti:
  • Cara memotret langit malam menggunakan handphone
  • Trik jitu memotret langit malam
  • Dan ketika di-scroll ke bawah, akan muncul daftar pencarian terkait:
    • Ambil foto langit malam tak perlu ribet, begini caranya…
    • Cara keren motret malam hari pakai kamera handphone
    • Dapatkan potret langit malam dengan 9 tips ini
Itu semua adalah kata kunci yang bisa digunain sebagai dasar untuk memposting konten yang akan kamu tulis. Berdasarkan daftar diatas, dapat diketahui bahwa beberapa ada yang menggunakan kata umum (memotret langit malam) dan beberapa lebih spesifik (memotret langit malam menggunakan kamera handphone).

3. Kata Kunci Panjang dan Kegunaannya

Pernah ga kamu denger kata kunci yang panjang? Kata kunci yang panjang adalah istilah pencarian yang menyertakan lebih banyak kata yang spesifik. “Memotret langit malam” bukanlah kata kunci panjang yang bagus. Melainkan kata ini sangat “umum” dan kamu bisa nemuin beberapa website yang sama. Kalo diperiksa, kamu akan banyak nemuin website tentang “memotret langit malam” di halaman pertama Google.

4. Alat Kata Kunci

Jadi ketika kamu pengen situs blog kamu dapet memuncaki halaman pertama di mesin pencarian, maka kamu membutuhkan alat kata kunci. Apa alat kata kunci itu? Jawabannya adalah dengan menggunakan plugin yoast SEO. 
Apa sih plugin itu? Plugin adalah program tambahan yang dapat terintegrasi dengan WordPress untuk memberikan fungsi-fungsi lain yang belum tersedia pada instalasi standar sehingga bisa meningkatkan peringkat situs web atau blog kamu pada mesin pencarian. 
Salah satu plugin WordPress yang banyak digunakan oleh banyak blogger lainnya adalah Yoast SEO. Plugin ini memiliki 4 fitur canggih seperti lampu indikator, snippet, readibility, dan analisis yang mana akan membantu optimasi website dan mempercepat proses SEO. Lampu indikator digunakan sebagai “readability” dan juga analisis pada konten yang kamu posting pada blog.
Readability” disini adalah ukuran kelayakan konten website kamu untuk dibaca dan analisisnya merupakan peniliaian terhadap seberapa baik struktur konten blog yang kamu upload menurut mesin pencari. Yang kemudian ketika kamu memposting sebuah konten, lampu indikator dan analisis akan bekerja sebagai penanda dengan memberikan warna-warna tertentu. Misalnya jika warna hijau yang muncul berarti poin tersebut sudah aman; kuning masih aman, lebih baik untuk diperbaiki, dan merah masih kurang bagus dan harus diperbaiki jika ingin konten yang kamu posting SEO friendly.
Dalam arti, ketika kamu memposting sebuah konten, Yoast akan memberikan petunjuk untuk mengoptimalkan penggunaan kata kunci dengan cara yang sederhana.

5. Tunjukkan Otoritas

Langkah penting yang sering kali terlewat adalah memiliki halaman “Tentang Saya” yang kuat. Halaman “tentang saya” ini berfungsi merefleksikan diri kamu dengan baik. Jelaskan secara singkat latar belakang yang kamu miliki, dan sertakan alasan mengapa kamu harus dipercaya untuk menulis topik ini. Jika bingung apa yang harus ditulis, kamu bisa menceritakan apa kesibukan kamu dan bantu mereka mempercayai apa yang sudah kamu tulis pada blog. 

6. Tunjukkan Bahwa Situs Kamu Aman

Tanda bahwa situs yang kamu aman adalah dengan menggunakan https. Sudah banyak blogger lain yang beralih ke https dari http.

7. Jaringan Sosial 

Setelah konten yang sudah kamu tulis dengan kata kunci dan dioptimalkan dari semua tempat yang bagus (baik dari SEO dan juga situsnya) saatnya kamu membagikan konten blog kamu pada semua jejaring media sosial. Kamu bisa mempromosikannya di semua platform atau salah satunya saja tidak masalah. 

8. Berkomentar

Tinggalkanlah komentar yang bijaksana pada blog teman kamu yang lain, siapa tahu ada salah satu pembaca yang juga tertarik dan akhirnya meng-klik situs kamu pada akhirnya. 

9. Forum 

Berinteraksi dengan blogger lainnya di forum komunitas blog atau pada telegram bisa menjadi solusi yang bagus untuk meningkatkan reputasi yang kamu miliki. 

10. Backlink dan Guest Post

Guest post bisa jadi cara yang efektif untuk mendapatkan backlink ke situs yang kamu punyai. Dan backlink akan didapat jika seseorang menautkan ke situs kamu dari situs mereka. Bagaimana jika ingin mendapatkan Blacklink? 
Backlink adalah salah satu komponen penting dari SEO yang dapat memberikan link/ situs lain menggunakan anchor tertentu. Backlink yang terdiri dari “dofollow” (backlink yang mengijinkan robot mesin pencari untuk menelusuri sekaligus mengindeks tautan yang kita berikan terhadap website orang lain sehingga kita bisa mengetahui apakah website tersebut mempunyai kualitas yang baik atau buruk) dan “nofollow” (robot web crawler yang tidak akan merayapi tautan backlink yang diberikan sehingga tidak terlalu mengoptimalkan website pada SEO).
Sebenarnya membeli backlink sangat tidak disarankan karena tidak jujur dan juga. WordPress sendiri tidak perlu membeli backlink karena sudah mempunyai plugin tersendiri yang mengatur link “dofollow” dan “nofollow”. Bagaimana pun yang terpenting dari bermedia sosial adalah “Berguna, memberi yang lebih dari yang kamu harapkan.”

Dua Tips Bonus Ceklis SEO untuk Blogger Pemula

11. Kirimkan Sitemap ke Google Search Console/ Webmaster Google

Sitemap sebenarnya hanya memberi tahu mesin pencari cara mencari situs web yang kamu punya dan akan menunjukkan bagaimana halaman-halaman situs web kamu akan ditautkan bersama sehingga situs web kamu bisa lebih cepat naik peringkat. Mesikpun ini tidak disarankan untuk blogger pemula, mungkin kemudian hari kamu bisa mengaplikasikannya dan juga plugin Yoast memiliki fitur yang sama dengan Google Search Console.

12. Lihat Halaman Web Kamu Menggunakan PageSpeed Insight

Kecepatan halaman situs yang kamu punya sangat berpengaruh, jika lambat meskipun memiliki konten yang menarik maka tidak akan mudah ditemukan oleh orang lain. PageSpeed Insight berfungsi menganalisis kecepatan halaman situs web yang kamu punya dan juga memberikan solusi untuk meningkatkan kecepatan web kamu. 
Oke guys, itulah ceklis SEO untuk blogger pemula, semoga bermanfaat, dan sampai jumpa!

Related Posts

Popular Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *