Cara Menulis Caption Instagram yang Menarik

Hola guys! Siapa sih yang udah ga asing lagi dengan instagram? Platform berbagi foto dan video yang sangat digandrungi oleh anak muda saat ini. Aplikasi ini memungkinkan kamu untuk berbagi foto dan video menggunakan filter aestetik dan aktifitas jejaring lainnya. Tahu ngga, ternyata aplikasi ini sudah hampir berjalan 10 tahun lamanya lho!
Yap, aplikasi ini rilis pada 6 Oktober 2010 dengan Kevin Systrom dan Mike Krieger sebagai perancang aplikasi instagram yang kemudian dikembangkan oleh Facebook pada tahun 2012. Jadi apa kamu udah menggunakan aplikasi instagram ini sejak awal perilisannya?
Kalo kamu udah lama bersosial media dengan aplikasi instagram ini, tentu udah ga asing lagi dong, dengan penulisan caption pada foto ataupun video yang kamu upload
Menuliskan caption pada foto ataupun video di instagram rasanya susah-susah gampang yaa. Siapa disini yang sering bingung mau menulis caption apa? Atau bagaimana cara merangkai kata-kata pada caption supaya bisa terlihat menarik dan ngga alay tentunya? Karena terlalu bingung akhirnya hanya memberikan emoji senyum, tertawa, atau bahkan hanya memberikan hastag yang panjang, seperti #likeforlike dan lain sebagainya. Duh ribet yaa jadinya 😀
Tapi guys, sebenarnya ngga seribet itu kok. Seperti menulis puisi yang mempunyai kaidah a-b-a-b, menulis caption instagram juga ada kaidahnya ternyata. Seperti apa sih kaidah menulis caption pada instagram?

Putuskan Jenis Akun

Karena akun instagram kita bagaikan “rumah” kita di social media, sebelum men-share foto ataupun video, tanyakanlah kepada diri sendiri apakah akun ini khusus untuk ber-social media? Membuat konten? Atau akun khusus untuk berjualan? Dengan begitu kamu bisa mempunyai target audience yang cocok dengan profil instagram kamu.

Gunakan Headline Menarik

Ya, kalimat pertama dari caption adalah segala-galanya guys. Terkadang, banyak orang malas membaca caption yang panjang-panjang. Apalagi kalau kamu hanya memberikan tiga baris hastag. Duh, bisa-bisa postingan kamu langsung di-scroll ke postingan selanjutnya. Oleh karena itu, buatlah kalimat pertama caption-mu menarik ya. Kalau bingung, buatlah pertanyaan yang sedikit menggambarkan foto atau video yang kamu unggah. Kamu bisa juga membuat headline yang “sedikit heboh” alasan “menarik perhatian” agar followers kamu yang membaca penasaran dan akhirnya menekan tap “more” deh. 

Gunakan Kata Kunci

Agar followers semakin penasaran, headline masih membutuhkan perhatian lebih guys. Yaitu kata kunci, apa sih yang dimaksud kata kunci ini? Yaitu kata-kata yang bisa memberikan informasi lebih, yang bisa menarik perhatian folllowers kamu, dan mengapa mereka perlu membaca caption instagram kamu. Misalnya kamu mengunggah foto perjalanan ke gunung, kamu bisa tulis “Trik dan Tips Hiking Seru Anti Ribet ala Yani”, mudah bukan?

Caption Story Telling

Tahukah kamu postingan kece itu bukan dilihat hanya dari foto atau videonya saja lho! Melainkan caption dibawahnya yang juga bisa memberikan gambaran lebih dari fotonya. Ceritakanlah makna atau kisah yang menggugah dibalik foto atau video yang kamu unggah. Atau bisa juga dengan menceritakan kembali kisah followers kamu misalnya. Dengan bercerita, followers kamu juga bisa lebih merasakan sensasi dari foto tersebut karena merasa memiliki chemistry yang sama. Untuk akun khusus berjualan misalnya, kamu bisa menceritakan asal mula kamu berjualan, atau kisah tersendiri dari jualan kamu ya.

Jadilah Aktif

Sebagai pengguna sosial media, kita juga harus aktif membangun interaksi dengan sesama pengguna media sosial lainnya. Jangan sampai followers kita hanya pasif melihat postingan foto atau video yang kita share di instagram tanpa melakukan interaksi sama sekali. Oleh karena itu, sebagai “tuan rumah” di akun media sosial sendiri, sudah sewajarnya kita menjamu “tamu” bukan?
Setelah menarik perhatiannya untuk melihat konten kita dan membaca caption-nya, kita juga bisa mengajak mereka untuk meninggalkan komentarnya, save, dan share postingan kita, dan juga mengajak temannya yang lain untuk mem-follow akun instagram kita.
Bagaimana jika ada yang meninggalkan “hate speech” pada postingan kita? Jawabannya kita bisa menanggapi dengan canda, atau cukup abaikan saja ya. Namun jika sudah diluar batas, jangan ragu untuk memblokir akun tersebut guys. Karena mau sebanyak apapun platform social media, yang racun atau “toxic” pasti akan saja tetap ada. Keep calm aja deh.

Jangan Lupa #Hashtag

Jalan ninja yang menjadi salah satu elemen penting ketika menulis caption di platform instagram kawula muda, ya hashtag. Hashtag adalah “koentji” yang berfungsi sebagai penanda untuk memudahkan orang dalam mencari konten kamu di pencarian instagram, selain itu hashtag juga berfungsi untuk menaikkan impresi dari postingan foto atau video yang kamu unggah lho!
Sayangnya, terjadi error pada fitur related hashtag sehingga fitur ini dinon-aktifkan oleh pihak instagram hingga waktu yang belum ditentukan dan impresi hashtag menurun drastis. Namun ada solusi yang bisa dipertimbangkan nih, yaitu dengan memberikan hashtag yang relevan dengan postingan kamu dan secukupnya ya agar tetap terlihat elegan.

Jadilah Dirimu Sendiri

Kunci menulis caption instagram yang menarik adalah yang tidak kehilangan jati diri si penulis itu sendiri. Jadi ketika menulis caption pada foto atau video yang akan kamu unggah tulislah senyaman dan sesuaikan dengan bahasa kamu ya. Agar pembaca melihat gambaran asli dari postingan kita. Menjadi menonjol dan terlihat beda itu baik, namun jangan sampai kehilangan ciri khas tersendiri yang kamu punya.

Jangan Menulis Caption Amburadul 

Ini penting banget guys meskipun sepele. Sebisa mungkin hindari typo pada penulisan caption ya. Meskipun tetap bisa terbaca oleh orang lain, bukankah lebih baik kita menimalisirnya? Biar tetap enakeun gitu guys bacanya, dan ngga menimbulkan salah paham hanya karena typo.
Selain itu tulislah caption dengan rapih, tidak menjadikannya satu paragraf sekaligus. Buat lah beberapa paragraf, dan berikan spasi satu atau dua baris setelah headline caption-nya guys. Selain mempercantik, hal tersebut mampu mempermudah ketika dibaca dan karena tidak ada pembaca yang mau membuang-buang waktunya hanya untuk membaca ulang caption karena terlalu rapat dan membuat sakit mata.

Jangan Sepelekan EYD (Ejaan yang Disempurnakan)

Selain typo atau kesalahan penulisan, penggunaan EYD juga harus kita perhatikan ketika menulis caption instagram nih guys. Meskipun terkesan ribet, tapi tidak ada ruginya juga kita menerapkan penulisan EYD dengan baik bukan? Karena yang bersosial media juga dari semua kalangan dan mungkin salah satunya mereka yang mengerti dengan penulisan kaidah bahasa indonesia dengan baik.
Jangan sampai karena salah-salah tulisan impresi dan performa instagram jadi turun. Hmmm.
———-
Oke guys, itulah beberapa cara penulisan caption instagram yang menarik. Sudah tidak perlu bingung lagi dan menghabiskan banyak waktu hanya karena bingung mau menulis apa bukan? Semoga artikel ini bermanfaat yaa. Dan jangan lupa share artikel ini ke teman-teman kamu yang masih bingung cara menulis caption yang menarik.

Related Posts

Popular Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *